pernah ada yang mengaharamkan umat muslim indonesia memakai produk produk orang kafir. menurut mereka memakai atau pemnyerupai orang kafir maka sama saja kafir.
jika memang begitu, maka saya boleh mengatakan orang orang yang berjenggot dan berjubah itu kafir. karena abu lahab juga berjenggot, dan abu jahal juga berjubah.
jika memang begitu, maka saya boleh mengatakan orang orang yang berjenggot dan berjubah itu kafir. karena abu lahab juga berjenggot, dan abu jahal juga berjubah.
yang harus kitan pahami adalah bahwa bangsa arab boleh sama dengan islam. tapi islam tidak harus sama dengan arab. jadi kita harus bisa memisahkan mana syariat, mana budaya.
kalau kita di sunnah kan makan dengan tangan, itu bisa saja. tapi kalau makan dengan 3 jari, jempol telunjuk dan jari tengah, itu akan menyulitkan. karena kalau di arab makanannya buah kurma. kalau di sumatera makan nasi pera dengan 3 jari kapan selesainya..
kalau kita di sunnah kan makan dengan tangan, itu bisa saja. tapi kalau makan dengan 3 jari, jempol telunjuk dan jari tengah, itu akan menyulitkan. karena kalau di arab makanannya buah kurma. kalau di sumatera makan nasi pera dengan 3 jari kapan selesainya..
suatu hari adik ipar lelaki saya pernah bertanya: "mas, ke masjid ko ga pake baju koko?"
saya hanya terdiam. bukan karena tidak mau menjawab. tapi heran.
pada saat itu dia mengenakan baju koko lengan pendek berkancing dua dibagian dada dengan motif khas koko. disaat yang bersamaan saya mengenakan kaus kerah berlogo eiger berwarna merah marun polos tanpa motif, dengan dua kancing juga.
lantas apa esensi perbedaan antara baju koko dan kaus eiger? kalau hanya soal motif, saya yakin hanya dengan sablon bermotif koko, maka akan jadilah baju koko berlogo eiger. dengan begitu maka islam lah saya, dan sudah sah bagi saya untuk ke masjid. apa sedangkal itu?
saya hanya terdiam. bukan karena tidak mau menjawab. tapi heran.
pada saat itu dia mengenakan baju koko lengan pendek berkancing dua dibagian dada dengan motif khas koko. disaat yang bersamaan saya mengenakan kaus kerah berlogo eiger berwarna merah marun polos tanpa motif, dengan dua kancing juga.
lantas apa esensi perbedaan antara baju koko dan kaus eiger? kalau hanya soal motif, saya yakin hanya dengan sablon bermotif koko, maka akan jadilah baju koko berlogo eiger. dengan begitu maka islam lah saya, dan sudah sah bagi saya untuk ke masjid. apa sedangkal itu?
lantas kenapa islam harus di arab?
selalu ada hikmah dibalik ketentuan Tuhan. islam dipilih turun di arab adalah 1 karena bangsa arab yang jahill sehingga membutuhkan pemimpin yang power full untuk merombak ke jahill an mereka. maka diturunkanlah Nabi dan Rosul disana. 2 karena pusat bumi berada di arab, mekah, ka'bah.
seandainya saya boleh berkhayal nakal tentang ketetapan Tuhan. bagaimana jadinya jika Tuhan menetapkan bahwa pusat bumi, ka'bah, berada di jawa. apakah hari ini bangsa arab harus mengenakan baju beskap dan blangkon saat ke masjid untuk menjalankan ibadah sholat?
selalu ada hikmah dibalik ketentuan Tuhan. islam dipilih turun di arab adalah 1 karena bangsa arab yang jahill sehingga membutuhkan pemimpin yang power full untuk merombak ke jahill an mereka. maka diturunkanlah Nabi dan Rosul disana. 2 karena pusat bumi berada di arab, mekah, ka'bah.
seandainya saya boleh berkhayal nakal tentang ketetapan Tuhan. bagaimana jadinya jika Tuhan menetapkan bahwa pusat bumi, ka'bah, berada di jawa. apakah hari ini bangsa arab harus mengenakan baju beskap dan blangkon saat ke masjid untuk menjalankan ibadah sholat?